Kamis, 20 Desember 2007

B. Perlebahan Australia

Salah satu negara yang sedang gigih melakukan budidaya lebah adalah Australia, dengan sistem penggembalaan ternak lebah di pohon Jarrah, --pohon yang tumbuh subur di kawasan hutan Perth Timur.
Ada dua jenis pohon Jarrah yang dikenal luas oleh masyarakat Australia. Pertama, Eucalyptus marginata var marginata, -- mayoritas tumbuh di Perth bagian Selatan dan sebagian kecil bisa ditemukan kawasan distrik utara Perth. Kedua, Eucalyptus marginata var thalassica,-- pohon Jarrah yang tumbuh di kawasan Perth bagian Timur. Kawasan ini lebih dikenal sebagai Blue Leaved Jarrah.
Keunggulan madu yang berasal dari bunga pohon Jarrah di Australia mengandung fluktosa yang sangat tinggi. Tidak heran, secara kualitatif, madu asal Australia diakui sebagai madu dengan kualitas terbaik di dunia.
Sejak Australia Barat ditempati orang Eropa, pohon Jarrah sudah memperoleh penghargaan karena kualitas kayu yang dimiliki. Kayu mahogani banyak digunakan untuk bangunan di Perth terutama furniture.
Bagi penduduk Australia, madu dari pohon Jarrah sangat spesial karena memiliki tingkat fructose tertinggi. Konsumen yang menderita diabetes dan masih ingin menikmati sedikit gula dalam diet bisa merasakan manfaat dengan konsumsi madu tersebut. Berbeda dengan madu lain di seluruh dunia yang lebih tinggi kandungan glukosanya. Madu dari pohon Jarrah berwarna gelap dan banyak mengandung mineral yang bisa dijadikan suplemen makanan untuk program diet.
Madu jenis ini dianggap sebagai madu dengan peroxide tertinggi di dunia. Bahkan sebuah penelitian menyebut, madu ini memiliki zat antibakteri yang mampu menangkal Staphyloccus aureus, Escherichia coli, Candida albicans, Candida glabrata dan Candida dubliniensis.
Saat ini perlebahan Australia berhimpun dalam The Federasi Council of Australian Apiarists Association (FCAAA) yang membawahi beberapa asosiasi seperti Western Australian Farmer’s Federation dan Queensland Beekeepers’ Association.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar