Kamis, 20 Desember 2007

Perlebahan Yaman, Proyek Potensial Ekonomi Nasional

Bagi pemerintahan Republik Yaman, perlebahan merupakan proyek yang sangat potensial dalam perekonomian nasional. Sepanjang tahun 2005 saja, Yaman mampu mengekspor hasil lebah madu sebanyak 17 persen ke negara-negara Eropa. Sekarang ini Yaman memiliki lebih dari satu juta lokoni lebah sehingga menteri pertanian mempertimbangkan investasi pada bisnis madu. Hal ini tertuang dalam 5 strategi pertanian di negara tersebut.
Perlebahan Yaman yang mulai dikembangkan secara intensif sejak tahun 1993 ini, menyediakan berbagai kursus perlebahan kepada masyarakat atau petani madu yang tersebar di seluruh Republik Yaman. Ada sekitar 4.037 peternak mengikuti latihan yang diadakan pemerintah.
Tak hanya diekspor ke Eropa, madu Yaman juga banyak diperjualbelikan di Indonesia atau lebih dikenal dengan madu Arab. Namun sayangnya, karena kualitas yang baik, banyak madu Arab yang dipalsukan dengan mengekstrak sari buah kurma.
Republik Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang keturunan Arab di Indonesia sebagian besarnya berasal dari negara ini.
Yaman merupakan salah satu pusat peradaban Islam tertua di dunia. Dari abad ke-9 SM hingga abad ke-6 Masehi, Yaman menguasai perdagangan rempah yang menguntungkan. Yaman dikenali oleh orang Roma sebagai Arabia Felix (Arab Gembira) kerena kekayaannya yang dihasilkannya.
Yaman Utara mencapai kemerdekaan dari Kerajaan Turki Uthmaniyyah pada tahun 1918 dan menjadi sebuah republik pada tahun 1962. Pada tahun 1939, Inggris menduduki pelabuhan Aden dan menjadikannya sebagai sebuah tanah jajahan.
Pada tahun 1967, Inggris mundur karena tekanan yang semakin meningkat dari pejuang Yaman yang disokong negara Mesir dari utara. Selepas pengunduran Inggris, kawasan ini dikenali sebagai Yaman Selatan. Pada tahun 1970, kerajaan selatan mengamalkan sistem kerajaan komunis. Kedua-dua negara disatukan secara resmi sebagai Republik Yaman pada 22 Mei 1990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar