Kamis, 20 Desember 2007

C. Awal Terjadi Madu

Madu merupakan zat manis alami yang dihasilkan lebah dengan bahan baku nektar bunga, sumber energi dan bahan yang diubah menjadi lemak dan glikogen. Nektar sendiri merupakan senyawa kompleks yang dihasilkan kelenjar tanaman dalam bentuk larutan gula. Lebah madu memperoleh sebagian energi dari karbohidrat dalam bentuk gula. Perubahan nektar jadi madu dimulai ketika lebah pekerja membawa nektar ke sarang. Nektar yang berhasil dibawa pulang, diberikan kepada lebah pekerja lain untuk dicampur dengan air liur di mulut dan dihilangkan airnya untuk mencegah peragian. Lebah pekerja mengunyah sambil menambah diastase dan invertase, bahan tadi diproses menjadi madu.
Bentuk madu berupa cairan kental berwarna bening atau kuning pucat sampai coklat kekuningan. Rasanya khas; manis dengan aroma enak dan segar. Jika dipanaskan, aromanya jadi lebih kuat tanpa berubah bentuk. Madu yang baik adalah madu yang memenuhi Standar Internasional. Madu memiliki kandungan-kandungan terpenting bagi kesehatan tubuh manusia.

Tabel 1. Kandungan Madu.

No. Kandungan madu*)         Bobot kandungan
1.      Energi                                          294 kalori
2.      Karbohidrat                              9,5 gr
3.     Air                                                   24 gr
4.     Fosfor                                          16 mg
5.     Kalsium                                         5 mg
6.    Vitamin C                                       4 mg

Keterangan : *) dalam 100 gram madu
Sumber : Perum Perhutani Unit II, 1986

Dalam madu juga terdapat substan-substan mineral; Natrium, Magnesium, Besi dan Kalium. Juga ada vitamin-vitamin dan hormon yang berguna untuk proses metabolisme tubuh. Sebetulnya, khasiat madu sangat berkaitan dengan kandungan gulanya yang tinggi; fruktosa 41%, glukosa 35%, sukrosa 1,9% dan kandungan lain seperti tepung sari ditambah aneka enzim pencernaan, lalu ada vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan antibiotika. Madu bermanfaat madu untuk menggantikan antibiotika bagi pasien pengidap kanker, obat rematik dan menyembuhkan efek sampingan suatu obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar