Kamis, 20 Desember 2007

BAB III: MADU SEBAGAI OBAT DAN FOOD SUPLEMENT

OLEH: BENY ULEANDER
Komposisi Dan Kandungan Madu Murni

Madu merupakan zat manis alami yang dihasilkan lebah dengan bahan baku nektar bunga dan sumber energi serta bahan yang diubah menjadi lemak dan glikogen. Nektar adalah senyawa kompleks yang dihasilkan kelenjar tanaman dalam bentuk larutan gula. Lebah madu memperoleh sebagian energi dari karbohidrat dalam bentuk gula.
Perubahan nektar menjadi madu dimulai ketika lebah pekerja membawa nektar dan membentuknya ke suatu sarang. Nektar yang dibawa pulang diberikan kepada lebah pekerja lain untuk dicampur dengan air liur di mulut lebah dan dihilangkan airnya untuk mencegah peragian. Lebah pekerja mengunyah nektar sambil menambahkan diastase dan invertase, dan bahan itulah yang diproses menjadi madu.
Bentuk madu berupa cairan kental. Warnanya bening atau kuning pucat sampai coklat kekuningan. Rasanya manis dengan aroma enak dan segar. Jika dipanaskan, aromanya jadi lebih kuat tanpa merubah bentuk. Madu yang baik adalah madu yang memenuhi standar internasional. Secara garis besar madu memiliki kandungan terpenting seperti yang tertera dalam Tabel 1.

Tabel 1. Kandungan Madu.

No.  Kandungan madu*) ;    Bobot kandungan

1.     Energi:                                     294 kalori
2.     Karbohidrat:                           9,5 g
3.     Air:                                           24 g
4.     Fosfor:                                     16 mg
5.     Kalsium:                                   5 mg
6      Vitamin C:                               4 mg



Keterangan : *) dalam 100 gram madu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar