Kamis, 20 Desember 2007

Perlebahan Tanzania

Tanzania adalah negara cantik yang terletak di Afrika bagian Timur, beriklim tropis. Dahulu dikenal dengan nama Tanganyika, karena di Tanzania ada sebuah danau yang sangat terkenal yaitu Danau Tangayika dan berbatasan dengan banyak negara, antara lain Kenya, Uganda, Rwanda, Burundi, Democratic Republic of Congo, Zambia, Malawi, dan Mozambique.
Setiap tahunnya, Tanzania memproduksi 10.000 ton madu dengan rata-rata 700 ton lilin lebah. Hampir semua lilin lebah di Tanzania ini berkualitas tinggi karena diproduksi dari sarang yang terbuat dari kulit kayu atau batang kayu dan tidak terkontaminasi oleh bahan logam.
Lilin lebah yang terdapat di Tanzania dengan ibukotanya yang sangat terkenal Dar es Salaam ini, memiliki banyak manfaat, bahkan sebagian besar lilin lebahnya dijual ke Brylcream dan Eropa.
Luas wilayah Tanzania adalah 945.087 km2, dengan penduduk berjumlah sekitar 35.922.454 orang, 95% berasal dari penduduk asli Afrika (ras Bantu) terbagi dalam 130 suku yang sebagian besar peternak lebah. Mereka mengembangkan lebahnya di hutan yang memiliki nektar bunga yang sangat baik seperti pohon Muwa (Julbernardia Globiflora). Sarang lebah di hutan selalu terdapat di atas pohon yang dapat melindunginya dari predator lebah lain seperti semut dan kebakaran rumput.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar