Kamis, 20 Desember 2007

B. Madu Asli Dan Madu Palsu

Madu yang beredar di Indonesia umumnya dihasilkan dari tiga jenis lebah; apis dorsata (lebah hutan), apis mellifera (lebah unggul) dan apis cerana (lebah lokal) yang ada di atas atap rumah. Dari segi kualitas, madu hutan (madu organik) berwarna hitam pekat lebih baik daripada madu yang dibudidaya. Sayangnya, masyarakat Indonesia sudah terbiasa konsumsi madu budidaya berwarna coklat cerah. Akibatnya, madu hutan dianggap sebagai madu palsu,” ujar pakar lebah, H Wawan Darmawan, SE, MBA.
Banyak orang penasaran untuk membedakan madu asli yang dihasilkan lebah pencari makan di alam bebas dari madu palsu (sirup gula, misalnya). Disinyalir, peredaran madu palsu di Indonesia sangat tinggi. Uji coba madu asli atau palsu lewat aroma, semut yang mengerubuti, kekentalan jika diteteskan pada debu, belum jadi jaminan sekitar keaslian sebuah produk madu.
Pengamat madu Indonesia, Surandi K. Riyatmo menilai, murni dan alami madu hanya bisa diteliti di laboratorium karena tidak ada cara lain yang bisa dipertanggungjawabkan. Di laboratorium, kandungan glukosa pada madu murni agak dominan kelihatan dan kandungan sukrosa lebih menonjol pada madu palsu. Madu asli mengandung mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin dalam madu berupa thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asamfolat dan vitamin K.
Madu asli mengandung enzim sedangkan madu palsu tidak. Enzim tidak bisa dibuat manusia, dan hanya bisa dibuat lebah madu. Enzim-enzim terpenting dalam madu; diatase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase dan lipase. Diastase merupakan enzim pengubah karbohidrat komplek (polisakarida) jadi karbohidrat sederhana (mono sakarida). Invertase merupakan enzim pemecah molekul sukrosa jadi glukosa dan fluktosa. Oksidase mengemban peran sebagai enzim pembantu oksidasi glukosa jadi asam peroksida. Enzim peroksidase melakukan proses oksidasi metabolisme. Semua zat berguna untuk proses metabolisme tubuh.
Sedangkan madu palsu mengandung campuran glukosa dengan gula pasir, buah, flavour dan zat warna sangat merugikan kesehatan manusia. Ciri-ciri madu asli harus berwarna-warni, hitam pekat (berasal dari bunga akasia), hitam kemerah-merahan, kuning cerah, kekuning-kuningan atau kuning keputih-putihan (lebah budidaya). Bila mendapatkan madu dengan warna dan kekentalan sama perlu diwaspadai karena warna madu asli tidak pernah sama.
Aroma juga bisa dijadikan media untuk menentukan asli atau palsunya sebuah produk madu. Madu asli punya aroma dan bau khas seperti madu dari bunga rambutan, kapuk randu atau kelengkeng. Ini berbeda dengan madu palsu yang sama sekali tidak beraroma.
Pengujian lain, madu asli bila dituangkan di atas piring sebanyak dua senduk lalu disirami air putih. Kalau digoyang ke kanan dan ke kiri membentuk sarang lebah. Jika tidak menyebar bahkan bercampur dengan air, maka terkategori madu palsu.
Uniknya, Surandi K Riyatmo menganjurkan konsumen untuk coba sendiri dengan menjadikan tubuh sebagai lab alam. Caranya, puasa selama 10 jam, lalu periksa gula darah. Katakan A minum madu 2-3 sendok. Sesudah 2 jam, periksa lagi gula darah. Katakan B bila madunya murni dan alami, selisih antara B dengan A kecil.
Penderita diabetes mellitus (DM) yang berpengalaman minum madu bisa merasakan madu murni dan madu palsu. Bila setelah minum madu, badan jadi segar dan bertenaga kembali (sama seperti bukan penderita DM yang baru saja minum teh manis), itu menandakan madu yang baru diminum murni dan alami.
Dalam tubuh penderita DM, madu diubah jadi tenaga (tanpa bantuan insulin). Bila penderita DM minum teh manis atau madu yang tidak murni dan tidak alami, ia tidak akan segera merasa segar dan bersemangat, tetapi tetap loyo bahkan tambah loyo (karena gula atau madu palsu tidak bisa diubah jadi tenaga tetapi "mencemari" tubuh).
Indikator lain adalah berat badan penderita DM. Bila setelah minum madu secara teratur berat badan tidak turun, itu tandanya madu yang diminum murni dan alami atau berat badan yang berangsur mendekati berat badan ideal. Pada etiket madu racik tercantum prosentase madu murni. Misalnya Madu Geruh, 100% madu murni, Madu Jamur, 95% madu murni dan 5% jamur. Madu Rocky, 85% madu murni dan 15% cuka apel.
Terkait fakta-fakta di atas, Surandi K Riyatmo menyarankan produsen madu agar mencantumkan prosentase kandungan madu. Misalnya 95% madu murni, 5% jamur, dan seterusnya. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) diharapkan tetap mengawasi produk-produk madu yang beredar di masyarakat.

TABEL PERBEDAAN MADU ASLI & PALSU
Indikasi              Madu Asli;                                            Madu Palsu

Aroma:               Mempunyai Aroma;                        Tidak beraroma

Dicampur:    Di campur air putih, warnanya menjadi keruh;Dicampur air putih warnanya bening

Dipegang:    Terasa kesat;                                         Cenderung licin

Kandungan Madu: Mengandung Fluktosa, Glukosa, enzim dan berbagai macam vitamin; Mengandung Sukrosa (gula) dan Air

Panen Madu: Diproduksi oleh lebah sendiri yang diperolehnya dari berbagai nektar bunga;Dibuat manusia dengan berbagai bahan baku seperti sirop, tapioka, soda dan lain-lain yang dapat membahayakan kesehatan manusia.


Warna Madu: Tergantung bunga yang dihisap lebah; Warna cenderung sama

Kekentalan: Kekentalan tergantung kondisi cuaca. Jika musim hujan madu cenderung encer;Kekentalan cenderung sama karena dibuat oleh manusia sesuai aturan baku pembuatnya.


Sumber : APRIARI

5 komentar:

  1. cara lain untuk membedakan madu asli dan madu palsu secara sederhana tanpa alat laboratorium slain meneteskan pada piring ada ga ya Pak?
    thankz

    BalasHapus
  2. Madu asli disimpan difrezer tdk akan beku,cma mengental, saya pernah 2 hari menyimpan madu tdk beku, madu tersebut saya dptkan lgsg dari pengumpul madu hutan

    BalasHapus
  3. Simpang siur memang persoalan cara membedakan madu asli n palsu. Bagi saya, keaslian dan kualitas bisa ditentukan dengan mengonsumsinya langsung walaupun awalnya tetap aja trik2 tertentu dipakai buat milih-milih madu.

    Pilih madu yang punya izin resmi (Dinkes, POM, atau sejenisnya), cari produk madu yang punya peternakan lebah sendiri, setelah itu kita liat ciri2 fisiknya. Pribadi saya lebih memilih madu ternak ketimbang madu hutan, soalnya kebanyakan madu hutan lebih gampang gelembung trus kalo dibuka suka meletup (ini artinya ada proses fermentasi. Proses ini justru menurunkan kualitas madu, jadi bukannya malah bagus karena ada bakteri berkembang biak didalamnya). Trus liat tekstur n warnanya, teksturnya agak kental (gak terlalu kental karena madu lokal paling banter kekentalannya 18%, kecuali madu timur tengah atau yang udah mengalami proses lanjutan) n jernih gak keruh. Kalo sesuai kriteria, beli deh..Sekarang tinggal tes rasa. Kalo rasanya manis menyengat (madu 25% lebih manis daripada gula) tanpa ada unsur asamnya lanjutin dengan mengonsumsinya dalam jangka waktu beberapa lama. Habisin satu botol gede lah minimalnya.

    Abis itu evaluasi lagi apakah madu tersebut memberikan efek positif ke tubuh. Kalo bikin badan seger buger n gak gampang sakit, berarti tuh madu asli dengan kualitas baik..

    oya, main-main dong ke situs saya. Liat-liat aja dulu..pasar-herbal.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Kami telah melakukan serangkaian uji keaslian madu, dari beberapa tes yang kami lakukan, yang membuat kami takjub adalah bila madu dimasukkan ke dalam wadah yang berisi air lalu digoyang-goyangkan maka beberapa saat kemudian, bila madu itu asli akan terbentuk gambar yang mirip sarang lebah di dasar wadah tersebut, Subhanallah.

    Disamping itu, kami juga melakukan test dengan mencampur madu dengan telur, memanaskan, memasukkan madu ke dalam air dan meneteskan nya ke kertas koran.


    Untuk melihat informasi lengkapnya termasuk gambar dan rekaman videonya bisa dilihat di:

    http://griyamadusehat.blogspot.com/p/ratu-madu.html


    Untuk mengetahui berbagaim manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan, bisa melihat berbagai artikel tentang madu di :

    http://griyamadusehat.blogspot.com/p...adu-sehat.html

    Semoga bermanfaat...

    Griya Madu Sehat
    Pusat Madu Berkualitas
    www.griyamadusehat.com
    0812 82 304 305

    BalasHapus
  5. adakah yang dapat memberikan rekomendasi produsen madu yang dapat dipercaya memproduksi madu asli tanpa tambahan unsur apapun yg mengurangi kualitasnya? Saya biasa mengkonsumsi madu murni dari Tresno Joyo, apakah perusahaan itu sudah terpercaya dg madu aslinya atau belum?

    Saya sama sekali belum melakukan serangkaian penelitian di atas.. Saya hanya meminta rekomendasi daftar produsen madu yang terpercaya memproduksi madu asli.. Trima kasih

    BalasHapus