Kamis, 20 Desember 2007

D. Perlebahan Rusia

Wilayah Rusia terletak di benua Eropa di bagian timur dan benua Asia dengan Pegunungan Ural sebagai pembatasnya, dan Siberia menjadi wilayah terluas dengan iklim cukup dingin. Karena terletak di belahan bumi paling utara, wilayah perairan Rusia umumnya ditutupi es. Meski begitu, beberapa laut dinyatakan bebas es seperti laut Barents, laut White, laut Kara dan laut Laptev. Laut Siberia timur merupakan bagian dari Antartika atau kutub utara, dan laut Bering, laut Okhotsk dan laut Jepang sebagai bagian dari Samudera Pasifik.
Rusia memiliki beberapa pulau seperti Novaya Zemlya, daratan Franz Josef, Kepulauan New Siberian, Pulau Wrangel di Samudera Arktik, Kepulauan Kuril dan Sakhalin (yang masih jadi sengketa dengan Jepang). Ada Sungai Dnephr yang berbatasan langsung dengan Ukraina) dan Sungai Volga. Selain itu ada danau Kaspia dan Laut Hitam yang berbatasan dengan Turki. Melalui Selat Bosphorus dan Sekat Dardananela, kapal-kapal Rusia dari Laut Hitam dapat berlayar menuju Laut Tengah dan Terusan Suez.
Bagi konsumen madu di Indonesia, madu yang mengkristal merupakan madu yang terkategori berkualitas terjelek. Berbeda dengan Rusia, bekas negara adidaya ini, madu kristal memiliki tonikum tinggi sehingga rata-rata penduduk Rusia harus konsumsi madu yang berkristal.
Di seluruh wilayah Rusia tersebar sekitar 200.000 koloni lebah. Potret ini memicu banyaknya para peneliti lebah dan mendukung eksistensi terapi sengatan lebah (bee venom). Jumlah peternak tercatat 600 ribu orang, baik sekedar hobi maupun yang menjadi peternak profesional.
Dalam setahun, peternak lebah hanya panen madu selama satu bulan yakni setiap bulan Juni di musim semi dengan total produksi madu berkisar 300.000-400.000 ton. Sehabis panen, koloni lebah diletakan di sebuah tempat dan diarahkan untuk membuat propolis dan royal jelly.
Soal pakan (bunga) cukup melimpah karena biasanya pada musim semi, ada sekitar 270 jenis tanaman yang berbunga. Karena harus siap-siap memasuki musim dingin setelah panen, madu yang dipasarkan dan tetap digandrungi konsumen tersebut merupakan madu yang sudah mengkristal. Di pasaran, 1 kg madu dijual dengan harga 320 rubel atau 10 dolar Amerika (Rp 100.000).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar